SANG KAYA DAN SI MISKIN

14 September 2017 60x Uncategorized

Beranda » Uncategorized » SANG KAYA DAN SI MISKIN

SANG KAYA DAN SANG MISKIN DI DUNIA DAN AKHIRAT

Ketika di dunia…
Orang yang kaya dan berkuasa bisa lancar dan cepat dalam hal apa saja. Termasuk dalam antrian, mereka yg punya tiket pesawat Executive class akan diprioritaskan masuk duluan ke pesawat tanpa antri.

Bahkan di wahana-wahana permainan layaknya Tra*ns Studio, Duf*n, Jatim Pa*k, dll. Mereka yang punya uang lebih bisa membeli tiket VIP yang tanpa antrian panjang, alias ketika yang lain antri, dia bisa langsung melenggang.

Begitupula dijalan raya, orang yang kaya dan penguasa bisa langsung menerobos lampu merah dan mengambil hak jalan pengendara lain.

….namun….

Ketika di Akhirat…
Mereka yang kaya dan berkuasa ketika didunia harus berhenti lebih lama dibandingkan mereka yang miskin dan alpha. Mereka akan ditanyai tentang hartanya darimana? Untuk apa? Bagaimana dia menjalankan amanat kekuasaanya.

Nabi Bersabda :
“Orang-orang faqir dari kaum muslimin akan masuk surga sebelum orang-orang kaya mereka, sejarak setengah hari yaitu 500 tahun.” (HR.Termidzi dan Nasa’i)

Sabda Nabi kepada istrinya Aisyah :
……Mereka (orang miskin) masuk surga sebelum orang-orang kaya sejarak 40 tahun. Wahai ‘Aisyah, kamu jangan mengabaikan orang miskin meskipun hanya separuh kurma. Wahai ‘Aisyah, cintailah orang miskin dan mendekatlah kepada mereka, karena Allah akan mendekat kepadamu pada hari Kiamat.

Boleh jadi orang yang kaya dan berkuasa ketika didunia ini serba mudah dan cepat dalam menjalani prosedur apapun. Tapi di akhirat gantian hamba beriman yang miskin harta yang lebih mudah dan didahulukan untuk masuk surga.

Hikmahnya :
Yang kaya jangan sombong, sayangilah orang yang dibawahmu, jadilah hamba yang bersyukur dan rendah hati. Manfaatkan hartamu untuk kebaikan.

Yang miskin jangan rendah diri, Allah menyayangi semua hambaNya yang beriman tak pandang berapa hartanya. Jadilah pula hamba yang bersyukur, jangan mencaci mereka yang kaya, karena kamu tak akan mendapat apa-apa bahkan bisa mendatangkan dosa. Do’akan kebaikan untuk mereka, agar harta mereka manfaat untuk kemaslahatan dunia-akhirat.

#JelajahHikmah

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.